Tips membuka usaha cetak foto mini

Tips membuka usaha cetak foto mini

Buat sobat yg ingin menggeluti dunia usaha yg klo menurut gw sangat2 menjanjikan, gw akan bagiin sedikit pandangan untuk mendorong sobat untuk membuka usaha yg murah meriah tapi mempunyai keuntungan yg oke... Sob postingan kali ini gw angkat sebagai bentuk dorongan buat kita semua khusunya yg ingin membuka usaha di bidang seperti ini... jika sobat yg selama ini kebingungan untuk mencari tau Printer apa yg paling cocok buat usaha seperti ini, ini dia gw anjurkan untuk memakai Printer multifungsi yg sangat cocok buat usaha cetak foto, cetak kartu nama, cetak brosure dll...
ya EPSON L200 yg terbaik untuk usaha seperti ini... sob maaf jika artikel ini cuman sekilas aja, tp gw akan coba kasih tau perlengkapan apa aja yg di butuhkan untuk membuat usaha seperti ini :

Kamera Digital Pocket Canon, Nikon, Sony, Kodak, Olimpus dll.
1. Kamera digital Kodak easyshare CD44 : Rp. 850.000,  Canon DSLR 1100D(kalo sobat punya cukup duit) Rp. 5 Juta.
2.Print Epson L200 : Rp.1,8 juta
3.Komputer PC AMD ATHOLN X2 255-260, Intel Dual core or Core 2 Duo + Ram 2Gb & Vga 1 Gb. : Rp. 2,5 - 3 Jutaan.
4.Bluetooth Hardware(untuk transfer file data) : Rp.50rb.
5.Software Photoshop, Plugin, kertas foto Glosy, alat pemotong kertas.
6.CD yg uda di tempel dengan stiker Logo usaha sobat.
7.Kopi dan Rokok... Buat jaga2 sob, biar gak ngantuk tunggu pelanggan yg cetak foto di tempat sobat klo usaha sobat uda jalan. Hahahahahahahahahahahaha........


Info. Jika sobat bener-bener tertarik untuk membuka usaha seperti ini.. bisa Sharing sm gw di blog ini.
Rating: 4.5
Share This

75 komentar:

  1. saya juga sangat terinspirasi ingin membuat usaha percetakaan sobat, tapi saat ini masih fokus sam ausaha service komputer sobat...

    BalasHapus
  2. @iya bro kayaknya buat usaha sampingan usaha ini bisa sangat menguntungkan, one day siapa tau aja bisa jadi studio foto yg gede dan bisa trima orderan seperti pernikahan.dll. sukses buat usaha service kompinya sob...Asis Sugianto

    BalasHapus
  3. pas banget postinganny sob... ini salah satu dari impian ane. masih ditulis di selembar kertas n belum diceklis :D

    btw, thanks banget y sob

    BalasHapus
  4. ini dia info yang saya butuhkan untuk UKM di tempat tinggal saya...trimakasih sobat sudah berbagi info :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga UKMnya cepet bejalan bang!

      Hapus
  5. Kameranya Sob yang terlalu mahal buat aku . Aku di kampung, cukup Canon iP 2770, PC masih pentium 4, mending, bisa buat ngeBLOG juga hehehe

    BalasHapus
  6. @Kamera pocket kodak CD44 ITU YG PALING STANDART, uda 12MP, trus auto focusnya oke dan fitur2nya juga kerenlah...Klo masalah Print tipe di atas masih yg terbaik menurut gw,, tp jika sobat mau yg lebih murah bisa di pake yg tipe EPSON L100 aja cuman 1,3 JT.Mbah Soendoel

    BalasHapus
  7. seep sobat, alhamdulillah sy juga terkadang dapat job untuk cetak photo dan buat undangan pernikahan, ultah dan juga rekaman acara ultah sobat, dan semuany sy lakukan di studio mini sy yaitu kamr sy sobat...

    BalasHapus
  8. mampir lagi sobat menyambung silahturahmi di blog sobat terbaik...

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasi atas kunjungannya sob.

      Hapus
  9. bisa jadi motivasi diri ini untuk membuat usaha.
    terima kasih atas tips2nya gan...:)

    BalasHapus
  10. lumayan ni, buat referensi bisnis.. ^_^

    BalasHapus
  11. wah ini lumayan banyak ya gan... kalau saya punya yang epson L100. kemarin harganya 1,3 juta! tapi lumayan ok,soalnya infus dari sononya. :) salam sukses

    BalasHapus
  12. masuuuk gan,,,, untuk usaha sampingan boleh juga nich...

    BalasHapus
  13. sekedar info : harga kamereh dan printer saat ini udah bergeser harganya menjadi lebih murah.. sobat bisa cek-cek aja harga-harga terbarunya..

    BalasHapus
  14. theknk kawan, mo nanya nih...klo print selain epson tipe L200, tetapi satu merek kira-kira tipe berapa.....ya...
    untuk cetak undangan....
    sebelumnya terima kasih untuk tipsnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo cuman print text buat undangan, bisa pake yang EPSON STYLUS T11,T13 or yg seri terakhirnya.. tp klo buat usaha multifungsi ya epson L200 soalnya infus tintanya uda bawaan dr pabrik.. bisa, scan dan f.copy.. pokoknya hasil cetaknya oke.

      Hapus
  15. mantap gan infonya.. Tapi kalau printernya awet g kalau di pakai usaha mini percetakaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo epson setau saya awet, lebih sering di pakai malah bagus.. soalnya klo jarang di pake hasil cetaknya malah berflek.. asal gak jatuh pasti awet sob...heheheh.. klo kemudian ada masalah.. di reset aja sendiri liat panduannya, di driver or buku panduannya.. gak usah bw di tmpat service dulu..hehehe.. bikin abis duit. thanks buat kunjungan and komentarnya sob..

      Hapus
    2. untuk usaha mini percetakan lumayan gan, apalagi kl EPSON seri L karena infus bawaan pabrik... ane dah tes L350, dalam 4 hari 3 malam ngeprint buku... pas ane cek jumlah halamannya sampai 18.686 halaman... ganti tinta 1 set... masih sisa yang black 2 botol dan cyan 1 botol.
      main ke blog ane gan di www.jasafotodandesain.blogspot.com

      Hapus
  16. trims info nya...
    pertanyaan saya...
    gimana proses pemasaran nya...
    ga mungkin kan kita cuma ngandelin dari npelanggan yg mau cetak foto..
    kira2 klo usaha Digital gini lokasi t4 usaha ngarugh ga..??

    BalasHapus
  17. jika sobat tinggal di daerAH perumahan dan mempunyai posisi tempat tepat di jalan utamanya.. itu adalah yang terbaik untuk usaha ini. jika sobat mempunya kamera DSLR sobat bisa ambil tindakan untuk Door to Door.. jadi sobat foto pelanggan dengan langsung datang di rumah mereka. jika sehari bisa dpt sepuluh kluarga yg ingin foto. itu uda lumayan. hehehehe,, oh iya jgn lupa.. perbanyak banner untuk promo di dpn tempat usaha sobat.

    BalasHapus
  18. mantap gan infonya.........bisa jadi Referensi ane buat buka usaha ndri....

    BalasHapus
  19. halo sob, ku juga punya usaha udah hapir setaun ya syukur lah udah bisa buat beli alat2 baru modal awal cuma PC ama 1 printer, terus tambah2 kamera, terus barusan dapet printer baru thanks

    BalasHapus
  20. Artikelnya bagus dan menginspirasi. Tapi modalnya agak tinggi tuh. Sebenernya kalo buat cetak foto digital bisa pake printer Epson T13 (900rb-an) aja tapi di-infus dengan tinta khusus yg anti-pudar, lebih murah dari tinta asli tapi kualitasnya gak kalah. Kertas fotonya biar lebih eksklusif pake yg silky, coz glossy tuh umum. Komputernya pun gak perlu canggih2 amat, yang penting punya RAM kuat buat buka aplikasi editing kaya photoshop.
    Dengan mengakali modal, maka ongkos pun lebih murah sehingga bisa menawarkan harga cetak ke konsumen dengan lebih bersaing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal sobat atur" aja mana yg terbaik,, hehehe.. tp klo masalah spek komputer sebaiknya sekalian yg yahut, soalnya jika suatu hari sobat ingin menambah usaha sobat seperti video editor, spek komputer sangat berpengaruh.

      Hapus
  21. ijin gabung.....
    kertas foto yang bagus apa ya, saya pake epson l100...
    saya coba nyetak kok hasilnya ada bintik-bintik seperti kulit jeruk, apa setingannya atau gimana ?
    tolong solusinya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika benar printer km gak bermasalah, berarti kualitas foto yg kurang oke, kame pake photoshop aja buat perbaiki resolusi dan kualitas gambar, khusus buat gambar hasil shoot dr HP.

      Hapus
  22. wah manteb gan,saya juga lagi mau lebarin sayap ni gan,pingin buka stodio mini seperti yang agan jelasin,thanks infirasinya...berkunjung juga ya ke toko saya wwww.tokobelanjaanda.com
    ada batik bola keren dari solo sob.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sEMOGA BISA Cepat berjalan sobat.

      Hapus
  23. Makasih Gan atas Infonya yang sangat informatif dan sangat menginspirasi. Doakan saya karena saya juga berminat membuka Cetak Foto tapi sekarang belum terlaksana...

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bisa cepat" jalan rencananya sob.

      Hapus
  24. Thanks udah share informasi ini mas. Saya lagi mencari informasi tentang jenis printer yang bagus untuk mencetak foto yang kualitasnya menyerupai foto studio.

    BalasHapus
  25. Gan tolong kasih perkiraan harga jasa cetak foto mini, mulai ukuran 3x3, 3x4, 4x6, 3R, 4R, 8R dsb... Brp pasarannya didaerah agan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya perpaket, 3x3= 4 lmbr, 4x4= 4 lmbr dan 4x6= 2 lmbr itu biasanya 25rb +motret di tempat sobat. Kalu perlembar pasfoto ukuran apa saja itu biasanya 2500-3000,, tinggal sobat tambain aja ongkos modal CD klo ada pelanggan yg nyuci foto doank tanpa shoot di studio sobat.

      Hapus
  26. Thanks udah share, ane juga tertarik bikin usaha cetak foto digital, udah mulai cuman belum punya kios masih di rumah, program cetak ane pake photoscape, gimp dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya sobat menguasai Photoshop... Soalnya keahlian itu sangat bermanfaat.

      Hapus
  27. numpang nanya gan ,
    kalau kertas foto yang bagus apa ya gan
    trus kalau beda kamera/resolusi harus beda kertas foto juga g gan biar hasilnya lebih bagus ?
    terima kasih gan buat infonya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kertasnya pilih yg silky or glosy. tidak berpengaruh masalah kamera. tp klo mau hasil tang lebih baik di atur kualitas gambarnya menggunakan Photoshop. itu klo buat foto diluar pas foto.

      Hapus
  28. Salam Sob...
    Numpang tanya Sob, untuk memulai usaha kecil rumaham sebaiknya menggunakan printer biasa atau laserjet...?
    Bagaimana menurut Agan jika ane lebih memilih laserjet dengan pertimbangan tidak luntur jika untuk mencetak brosur dsb..?
    Thanks pencerahannya Sob...
    @lulu

    BalasHapus
  29. Siip gan..ane coba-coba buka prcetakan di rumah..tp ko ga pd y...slnya ane msh pake printer canon iP2770 yg hasil cetak kurang maksimal..kadang bergaris..jd cetak ulang lag..jd boros kertas euy....ya klo ada saran dr agan agan ane tggu deh infonya..printer murah tp bgs..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya punya usaha percetakan om, printer andalan q punya canon ix6560, ip2770, epson r230, kalau di total keseluruhan printer saya ada 5,
      PD aja bro, dulunya juga saya asalnya dari 1 printer, kalau dapet job besar yg nggak mampu di kerjakan, lempar aja ke percetakan yg lebih besar, dan pasti harus jalin kemitraan dulu biar murah.
      semoga bisa membantu

      Hapus
  30. Siang Sob...
    Saya mau nanya soal keawetan hasil fotonya gimana ya?soalnya saya pengen buka usaha foto,kalo untuk ijazah bisa ndak pake prnter ini utk ketahanan foto jangka panjang.Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti awet sob, semuanya tergantung kertasnya aja.. buat print ijasah juga boleh. coba sobat cara" di google kertas apa yang terbaik untuk cetak foto.

      Hapus
  31. Siang sob..
    saya mau nanya kalo hasil fotonya bisa bertahan berapa lama?soalnya saya ingin buka studio foto.kalo untuk foto ijazah kira-kira cocok ndak printer ini untuk segi ketahanan jangka panjangnya?thx

    BalasHapus
  32. gan kasih tau dong harga pasarannya klo cetak foto 2x3 3x4 4x6 3R 4R 5R 8R 10R biar bisa buat perbandingan

    BalasHapus
  33. gan numpang nanya untuk harga jasa cetak photo 2x3 3x4 4x6 2R 3R 4R 5R 8R & 10R berapa gan untuk perbandingan klo mo usaha di tempat ku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya perpaket, 3x3= 4 lmbr, 4x4= 4 lmbr dan 4x6= 2 lmbr itu biasanya 25rb +motret di tempat sobat. Kalu perlembar pasfoto ukuran apa saja itu biasanya 2500-3000,, tinggal sobat tambain aja ongkos modal CD klo ada pelanggan yg nyuci foto doank tanpa shoot di studio sobat.

      Hapus
  34. Ikut gabung gan, gw mau nanya gan untuk kertas foto yg ßàguss untuk foto ijasah apa gan.....

    BalasHapus
  35. aku ikut gabung sobat,, aku ingin sharing.. :)

    BalasHapus
  36. saya membuka usaha cetak foto sejak masi kuliah 1 keluhan konsumen warnanya cepat pudar, dengan demikian pelanggan lari karena kualitasnya kurang bagus, apa solusinya mas bro...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg ane tahu itu kualitas tinta dan kertas yang dipakainya gan...

      Hapus
  37. makasih sob,,,
    atas semua saran2 nya
    salam sukses buat kita semua
    saya mau nanya ni,,

    bagaimana merawat printer yg baik dan benar
    khusus nya printer epson

    BalasHapus
  38. salam knal bg,,
    mantap ni tips nya bg
    salam sukses buat kita

    BalasHapus
  39. salam mas broo
    benar banget membuka usaha cetak foto kecil sangat menjanjikan yang penting telaten buktinya saya dah hampir 2 setengah tahun,,
    dengan usaha mini conter pulsa + cetak foto + pengetikan
    dah bisa kuliah tanpa minta bantuan ortu,,,,
    buat sobat''' ayooooo peluang ada di depan kita

    BalasHapus
  40. salam kenal mas..
    postingannya sangat membantu...

    BalasHapus
  41. hahahaha tipsnya bagus baanget gan....
    siap ditiru....
    kurang rokoknya aja.

    mas bro gimana seting printer yang bagus buat cetak foto??

    salam kenal dadi om BOB
    B-Bob Printing ^_^

    BalasHapus
  42. ijin gabung
    posting yang bermanfaat gan
    semoga bisa ketularan sukses..
    mau tanya nih, kira2 kertas foto yg bagus n ekonomis buat epson L800 apa ya?
    n daftar harga cetak foto di pasaran berapa...
    udah tinggal buka tapi ga tau tarif cetak foto, mohon bantuanya...

    BalasHapus
  43. Mr. Boss
    apakah print ip 2270 canon bisa cukup d pakai untuk cetak photo?
    balas

    BalasHapus
  44. perlengkapan terkhir yang saya suka bang :D biasanya tanpa nunggu jalan usahanya pun udah tersedia memang ntuh . . hahaah . .:D
    iya bank , saya yakin bisnis ini berhasil dan saya akan memulainya , walo msih bnyk yg harus di pelajari, untuk pengolahan gambar di software mungkin udah dikit'' , cma pengetahuan saya tentang produksi (jenis kertas yang baik, printer standar print foto , cara memotret yg baik etc) msih buta , mohon masukannya . . :D thank skali lagi .
    salam sukses . . !!!

    BalasHapus
  45. Saran : Apapun jenis print sobat.. ada baiknya memakai tinta yang paling bagus dan kertas yg paling baik... So, ketika sobat membeli keduanya sebaiknya sobat langsung bertanya kepada sang penjual mengenai tinta dan kertas itu yg akan di gunakan untuk cetak foto.

    SANGAT DI SARANKAN SAAT NGEPRINT FOTO LANGSUNG DARI PHOTOSHOP. KUALITAS GAMBAR YG DI HASILKAN MASIH BERPENGARUH LEBIH BAIK DI BANDINGKAN GAMBAR YG ANDA PRINT LGSNG DARI FILE JPG FOTO.

    SEBAIKNYA ANDA BELAJAR LEBIH MAHIR LAGI MENGGUNAKAN PHOTOSHOP KRN ONEDAY KEAHLIAN ITU SANGAT BERMANFAAT.

    BalasHapus
  46. makasih gan ana terbantu banget ama artikelnya......ane jadi minat buat buka tu usaha.... tapi belum yakin ama photoshopnya....

    BalasHapus
  47. mantap gan info nya,
    tp lw boleh nanya ni, lw epson r1390 untuk cetak foto A3 bagus gk kira2 mas? trus cmna ngatasi masalah warna yang gk tahan lama,? ada yg nyarani di laminasi? tp lw untuk pas foto untuk ijazah dll, kan lw di laminasi gk bisa di tanda tangani, itu gmna mas?
    satu lagi ni mas, printer yang murah, awet, dan tahan untuk nyetak halaman dengan banyak apa ya, yang kira2 bisa untuk nyetak brosur dan sejenisnya,
    makasi sebelumnya mas

    BalasHapus
  48. mantap infonya gan ,
    kalo boleh tau buat yang udah jalanin usaha ini di share ya ..
    dari mulai :
    - harga cetak foto berbagai ukuran ?
    - laba kotor dan bersih /bulan dengan perkiraan ? (di rata2 saja untuk yg sudah buka usaha ini gan ) untuk lebih memotifasi.

    dan ask untuk Ts , printer multifungsi bukankah lebih rentan dengan yg tok untuk print saja ? (ini saya baca dari artikel2 lainnya dan yang saya alami dari epson seri sebelumnya )
    dan kualitas print L100 dngn L200 bukankah sama ?
    mohon dikoreksi jika salah.

    Nice blog

    BalasHapus
  49. Bos tau info harga mesin cetak photo hp photosmart ml2000d dan mp2000e ga? ???

    BalasHapus
  50. Ane juga buka cetak foto nie Gan
    Pake Epson L200 tapi nyesel sekali baru ane pake Mkin 7 blan prin dah Matot ( mati total ) & tidak ada serfis di daerah ane ya jadinya di musiomkan aja :)

    BalasHapus
  51. mantap bgt gan info nya.....
    dan saya mau tanya gan...inta yang bagus tinta apa ya gan ????

    BalasHapus
  52. printernya pake epson R230X gaimana?

    BalasHapus
  53. wah,, thanx atas infony
    sya juga mw bikin nih gan tpi lokasiny agak plosok kira2 gmna ya,,. . .

    BalasHapus
  54. mo buka usaha cetak photo tapi belum tau harga pasaran cetak photo brpa? minta infonya ya...
    printernya pake L800

    BalasHapus

Designed By Blogger Templates